Tren pengembangan aplikasi di tahun 2023 yang harus kamu ketahui!

1. Artificial Inteligence (AI)

Salah satu AI yang akan banyak digunakan dalam aplikasi adalah chatbot. Di bawah lingkup Artificial Intelligence (AI), Chatbots dapat mensimulasikan percakapan manusia, menciptakan user experiences yang dapat disesuaikan dengan retailers, dan bahkan dapat meningkatkan rekomendasi search engine.

Salah satu perusahaan yang menguasai chat interaction adalah Duolingo yang secara ahli menggunakan chatbots dan gamification untuk mengajar bahasa ke 150 juta penggunanya.

2. Voice Search atau penelusuran suara

Voice Search atau penelusuran suara berkembang sangat pesat beberapa tahun belakangan ini. Sekarang ini, jaman sudah semakin maju, mengetikkan kata kunci bisa digantikan dengan perintah suara (voice command/voice search).

Bisa kamu saksikan beberapa canggih Siri, Alexa, dan Google Assistant dalam urusan voice command/voice search ini. Di samping itu, bagi Developer apabila aplikasi yang kamu kembangkan berbentuk e-commerce, pertimbangkan juga bagaimana voice search untuk mendukung belanja digital.

3. Aplikasi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) semakin populer.

Kamu pasti sudah akrab dengan teknologi yang satu ini. Teknologi VR dan AR banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk di bidang bisnis.

Teknologi AR juga sering digunakan di media sosial seperti Instagram. Penggunaan teknologi ini dikembangkan dalam bentuk filter wajah yang mampu memberikan efek beragam. Pengalaman AR individu ini dapat digunakan oleh pelaku bisnis secara kreatif untuk memperkuat hubungan antara konsumen dengan brand.

4. Internet of Things (IoT)

Internet of Things adalah teknologi yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan beberapa perangkat satu sama lain yang bertujuan untuk bertukar data. IoT diperkirakan akan mencapai 5,4 miliar perangkat dan tumbuh menjadi sekitar 561 miliar dollar pada tahun 2020. IoT menantang para industri teknologi untuk berpikir lebih besar dan lebih berani daripada sebelumnya, baik dari peningkatan efisiensi hingga memberi sejumlah manfaat yang besar dalam ekonomi.

5. Mobile Payment.

Apakah kamu pengguna GoPay, OVO, dan pembayaran virtual lainnya? Mobile banking dan pembayaran menggunakan smartphone kamu, kini tidak hanya memudahkan pembayaran dan membuat nyaman pengguna, tetapi juga telah merevolusi cara kita menangani uang. Mungkin suatu hari nanti kartu debit perlahan akan terdisrupsi dengan adanya mobile payment ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *