Inilah fitur yang wajib dimiliki SIAKAD Kampus

MYINDILEARN.COM – Sistem informasi Akademik (SIAKAD) memiliki peran dan tanggung jawab yang besar di ranah pendidikan, sistem ini tidak hanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan akademik saja, yang sebatas pelayanan pendidikan yang bersifat komputerisasi saja, namun juga secara tidak langsung mampu memaksimalkan kualitas pelayanan, meningkatkan kerja, meningkat kualitas hasil dan daya saing. 

Saat ini, ada banyak sistem informasi akademik yang beredar. Namun, jangan sampai kampus anda salah memilih! Berikut ialah beberapa fitur yang wajib dimiliki oleh sistem akademik :

1. Fitur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Selain membuat kampus tampak lebih profesional, dengan adanya PMB, badan akademik tidak perlu kewalahan lagi melayani antrian calon mahasiswa yang hendak mendaftar. Calon mahasiswa juga bisa melakukan registrasi di mana pun dan kapan pun, tergantung peraturan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Fitur ini dilengkapi dengan sistem pembayaran daring yang mempermudah calon mahasiswa untuk melengkapi administrasi perkuliahan. Karena itu sangat penting sistem akademik memiliki fitur Penerimaan Mahasiswa baru (PMB).

2. Fitur Data Civitas Akademik

Fitur untuk mengolah semua data yang terkait dengan civitas akademik, mulai dari data badan akademik, badan keuangan, dosen, mahasiswa, hingga alumni. Pengolahan yang dapat dilakukan seperti pengisian profil biodata, melakukan penambahan, perubahan, penghapusan data, dan sebagainya.

3. Fitur Pengumuman

Fitur yang berisi pengumuman dari kampus kepada seluruh mahasiswa yang ditampilkan dalam sistem secara realtime. Fitur ini mengefektifkan layanan yang diberikan kepada civitas akademik dalam menggunakan sistem informasi akademik.

4. Fitur Kalender Akademik

Fitur ini sangat bermanfaat bagi administrator dalam mengatur jalannya pembelajaran sesuai kalender akademik yang berlaku. Administrator juga dapat menambahkan data atau melakukan aktivasi kalender selama setahun proses pembelajaran kuliah.

5. Fitur Manajemen Kartu Rencana Studi

Para mahasiswa seringkali menggunakan kartu rencana studi untuk mengambil mata kuliah pada periode tertentu. Dengan adanya fitur Manajemen KRS, mahasiswa akan dipandu dalam melaksanakan perkuliahan selama semester berlangsung. Bukan itu saja, fitur ini berguna untuk dosen dalam memberikan materi perkuliahan dan menjadi dasar penilaian mahasiswa.

6. Fitur Kurikulum

Dengan fitur kurikulum, badan akademik dapat melakukan manajemen mata kuliah yang dapat diambil sewaktu Kartu Rencana Studi diproses.

Selain itu, fitur ini juga sangat bermanfaat ketika terjadi pergantian kurikulum. Pengelolaan data-data lama milik setiap mahasiswa akan berlangsung cepat tanpa kendala. Kemudian, masalah-masalah seperti mata kuliah yang tak seimbang dan kode kuliah yang keliru dapat terhindarkan.

7. Fitur Jadwal Perkuliahan

Jadwal perkuliahan tentunya merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap mahasiswa. Apabila di sistem akademik tidak memiliki fitur ini, maka akan terjadi terjadi jadwal mata kuliah yang saling bentrok sehingga menyulitkan mahasiswa dan dosen dalam mengelola waktu perkuliahan.

8. Fitur Penilaian Mahasiswa

Setelah menyelesaikan proses perkuliahan, perlu dilakukan pengevaluasian atas hasil pembelajaran. Berkat fitur Penilaian Mahasiswa, dosen dapat memasukkan nilai-nilai untuk masing-masing mahasiswa. Nilai dapat berupa satu mata kuliah maupun nilai keseluruhan. Sementara itu, bagi mahasiswa, fitur ini berguna untuk mengakses dan memeriksa nilai. Jadi, mereka dapat mengevaluasi kinerja belajar sendiri.

9. Fitur Transkrip dan Kelulusan

Fitur laporan transkrip nilai atau hasil akhir dari semua proses pembelajaran. Laporan inilah yang menjadi bukti perkuliahan mahasiswa. Fitur ini berguna untuk melihat hasil studi yang telah dilakukan seorang mahasiswa. Fitur ini meliputi penginputan nilai berdasarkan mata kuliah pada KRS online yang diajukan mahasiswa, fasilitas pencetakan KHS berdasarkan semester, fasilitas transkrip nilai, hingga pendaftaran skripsi dan wisuda mahasiswa.

Itulah fitur- fitur yang wajib dimiliki oleh sistem informasi akademik yang berkualitas. Gimana tertarik menerapkan sistem informasi akademik di kampus anda? jangan ragu berdiskusi dengan kami, penyedia aplikasi sistem informasi akademik yang terpercaya dan berpengalaman dalam menyediakan sistem informasi akademik daring terintegrasi.

BACA JUGA : Kampus tidak memiliki SIAKAD? Ini yang akan terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *