Cara tepat mengelola keuangan kampus

MYINDILEARN.COM – Kampus menjadi salah satu instansi yang pengelolaan keuangannya cukup rumit. Dibutuhkan ketelitian baik dalam menghitung, menginput, hingga membuat laporan keuangan. Olehnya, staff keuangan benar- benar harus memperhatikan hal ini karena keuangan kampus menjadi salah satu faktor penting penunjang pembangunan kampus.

Jumlah mahasiswa yang banyak, staff akademik dan keuangan di perguruan tinggi, akan mengalami kesulitan untuk mengelola keuangan apabila masih menggunakan sistem manual. Proses manual yang masih dilakukan oleh beberapa kampus tentunya akan menimbulkan masalah bagi keuangan kampus. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan cara yang tepat untuk mengelola keuangan atau pembayaran kampus seperti berikut :

1. Menggunakan pembayaran yang terintegrasi

Pembayaran akan lebih mudah bila menggunakan sistem pembayaran yang terintegrasi. Misalnya ketika mahasiswa mengurus KRS namun belum melakukan pembayaran uang semester, jika memiliki sistem yang sudah terintegrasi, maka mahasiswa tersebut belum bisa mengakses KRS. 

2. Menggunakan pembayaran online di perguruan tinggi

Transaksi akan lebih mudah dilakukan apabila kampus bisa memanfaatkan sistem pembayaran secara online. Pembayaran online seperti ini biasanya sudah terintegrasi dengan bank yang sudah menjalin kerjasama.

Pembayaran online juga memudahkan admin keuangan akademik dalam verifikasi pembayaran secara otomatis ketika mahasiswa selesai bayar.

2. Pentingnya transparansi dengan laporan pembayaran

Keuangan di perguruan tinggi juga wajib menyajikan laporan transaksi pembayaran secara transparan. Pengguna bisa mengetahui seluruh aliran uang yang sudah digunakan dan didapatkan oleh perguruan tinggi dan seluruh proses pengelolaan keuangan kampus tersebut bisa tercatat dengan maksimal. Jadi, seluruh aliran dana dapat tersusun dengan rapi dan catatan keuangan kampus tersebut dapat dipertanggungjawabkan dengan bukti pembayaran.

SIAKAD modul pembayaran atau keuangan akademik yang mudah untuk melakukan setting tarif serta pembuatan tagihan. Beberapa kombinasi tarif yang ingin diberlakukan untuk setiap kategori mahasiswa dapat juga diakomodir sampai dengan model pembayaran dengan mudah.

Bagaimana? Tertarik menggunakan SIAKAD di Kampus Anda? Jangan ragu menghubungi Kami, Kami siap membantu Anda!

Baca juga : Kampus tidak memiliki SIAKAD? Ini yang akan terjadi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *